Mengapa Form Login Web Biasanya Sebelah Kanan

Tahukah kamu? nyadar nggak kenapa kalau kita mau login dalam sebuah web atau jejaring sosial biasanya sebelah kanan?
Contoh beberapa form login website

:






Alasan hal ini berkaitan sama cabang ilmu khusus: Human and Computer Interactions.

Ada teori yg bernama "Hukum Fitts" (Fitts Law, 1954). Paul M. Fitts menemukan sebuah pola kebiasaan otak manusia ketika berinteraksi dengan komputer sebagai berikut:

Kecepatan manusia (untuk menggunakan komputer) bergantung pada jarak dari 1 titik menuju target, serta tingkat kerumitan target yg dituju di layar monitor. Misal: Orang akan lebih gampang ngeklik extra large icon di deket pointer mouse dia di tengah desktop, daripada tray icon kecil di ujung kiri bawah desktop.

Maka berdasarkan prinsip Hukum Fitts ini, disimpulkan bahwa ada 2 kunci utama utk memudahkan interaksi manusia dengan komputer:
1) ukuran objek secara visual (Makin gede icon/button, makin gampang orang ngeklik)
2) jarak objek yg menjadi tujuan interaksi (Makin deket icon/button dari pointer mouse, makin enak orang ngeklik).

Demi memudahkan user ketika mengakses website manapun, maka deterapkanlah 2 kunci utama di atas sbg berikut:
1) Web page cenderung bersifat memanjang vertikal, maka user akan sering mengarahkan pointer mouse ke kanan monitor (nyari scroll bar buat scrolling web page ke bawah).
2) Karena user sering ngarahin pointer mouse ke kanan monitor buat nyari scroll bar, maka komponen2 penting website sebaiknya sekalian ditaro di deket situ (sisi kanan monitor).
3) Karena login form adalah komponen penting web page, maka ditaro lah di situ juga (sisi kanan monitor).
4) Biar deket juga, taro login form di atas web page. Biar user ga perlu susah2 scrolling ke bawah buat nyari login form.

Jadilah login web umumnya di kanan atas. Sumber

1 comments:

  1. shijun 3.31
    http://www.hollisterclothing.info
    http://www.insanityworkout.com.co
    http://www.abercrombie.net.co
    http://coachhandbags.coachbidonline.com
    http://michaelkorsoutlet.korsonline.net
    http://www.gucci-outlet.name
    http://michaelkorscanada.mkebuy.net
    http://www.mulberry-outlet.me.uk
    http://www.retrojordans.name
    http://www.abercrombieoutlet.name
    http://www.todsshoes.us
    http://www.jordan11.name
    http://www.cheap--nfljerseys.us.com
    http://www.louisvuittonoutlet-inc.us
    http://www.louisvuitton-outlet.us.com
    http://www.cheap-jordans.us.com
    http://michaelkorsoutlet.new-letter.com
    http://www.chanelbags.com.co
    http://www.cocochaneluk.co.uk

    BalasHapus

Kami menawarkan software atau game yang telah di posting pada situs ini untuk anda miliki dengan cara klik link Order DVD diatas atau SMS ke 085 730 281 770 dengan format :

ORDER DVD (spasi) Nama Aplikasi/Paket (spasi) Nama dan alamat lengkap anda lalu kirim sms ke 085 730 281 770