Mitos dan fakta cara merawat bayi yang baru lahir

Mitos-mitos yang ada dimasyarakat, kebenarannya ini kadang tidak masuk akal dan bahkan dapat berbahaya bagi ibu dan bayi. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang merawat bayi baru lahir.
Mitos-mitos merawat bayi baru lahir yang berkembang dimasyarakat adalah :
o Dibedong agar kaki tidak bengkok.
Hampir setiap bayi memiliki kaki yang tampak bengkok, begitulah fisiologis kaki bayi. Ini disebabkan karena ia masih terbiasa dengan posisi meringkuk ketika masih berada didalam rahim. Seiring berjalannnya waktu, kakinya akan lurus dengan sendirinya.
Faktanya, dibedong dapat menggangu peredaran darah bayi. Jantungnya akan terpaksa bekerja lebih berat untuk memompa darah karena tubuhnya dibebat terlalu berat. Bahkan, dapat beresiko membahayakan tulang panggul, dapat menyebabkan dislokasi panggul dan paha. Beberapa ibu membedong bayi untuk melindungi dari dingin, baik karena faktor cuaca atau setelah mandi. Sebenarnya baju lengan panjang dan celana panjang pun sudah cukup untuk menghangatkan tubuh sikecil.
o Hidung ditarik-tarik agar mancung.
Tidak ada hubungannya menarik hidung, dengan mancung atau tidak mancungnya hidung,
Faktanya, semua tergantung dari bentuk tulang hidungnya dan itu sudah merupakan bawaan dari lahir.
o Pemakaian gurita agar tidak kembung.
Banyak para ibu yang memakaikan gurita pada bayinya, agar bayinya tidak kembung.
Namun faktanya, Bayi bernapas dengan otot-otot pada perutnya. Jadi, memasangkan gurita justru manghambat pernapasannya. Karena perut yang kembung,sudah bentuk alamiah.
Jika memang harus memakaikan gurita jangan mengikat terlalu kencang terutama di bagian dada agar jantung dan paru-parunya bisa berkembang dengan baik.Dan jika tujuannya supaya pusar tidak bodong sebaiknya di pakaikan hanya di pusar dan ikatannya pun tidak kencang.
o Menggunting bulu mata agar lentik.
Banyak para ibu yang beranggapan bahwa dengan menggunting bulu mata bayi mereka, maka bulu matanya akan menjadi lentik.
Faktanya, bulu mata berfungsi melindungi mata dari gangguan benda-benda asing. Jika di potong, fungsinya tidak lagi dapat bekerja secara optimal. Panjang pendeknya bulu mata sudah menjadi bawaan dari bayi itu sendiri.
o Beri setetes kopi agar bayi tidak step (kejang).
Belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan hal ini. Bahkan pemberian kopi pada bayi jelas berbahaya karena mengandung kafein yang akan memacu denyut jantungnya bekerja lebih cepat.
o Jangan memeras kencang-kencang saat mencuci baju bayi, bayi akan gelisah tidurnya.
Jika dipikir secara logika jelas tidak masuk akal, mungkin bayi gelisah saat tidur karena dia pipis, buang air besar, gerah, atau ada faktor lain, jadi bukan karena saat memeras pakaiannya.
o Jangan menyusui bayi jika bunda sedang sakit.
Penyakit yang diderita ibu menyususi tidak dapat ditularkan melalui ASI. Sebaliknya, saat ibu sedang sakit tubuh si ibu akan menghasilkan sistem kekebalan tubuh yang lebih banyak dan akan ikut kedalam asi yang jika di minum si bayi akan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Yang tidak boleh adalah menyusui bayi saat sakit tanpa ada pelindung untuk ibu, contohnya pakai masker penutup mulut dan hidung saat flu karena akan memularkan penyakit, jadi bukan karena ASI.
o Popok kain lebih baik daripada diapers.
Popok kain maupun diapers memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Di satu sisi, popok kain memang lebih murah karena dapat digunakan berulang kali. Namun, agak merepotkan karena harus selalu diganti setiap sikecil buang air besar. Di sisi lain, diapers lebih mahal, tetapi memiliki daya serap yang lebih tinggi, sehingga hanya perlu diganti kalau popok sudah penuh atau buang air besar. Untuk menjaga kulit si kecil, pastikan ukuran diapers sesuai dengan tubuhnya.
o Ketika bayi demam harus dikompres air dingin.
Setelah dikompres, tubuh yang awalnya panas mungkin akan terasa dingin begitu diraba. Akan tetapi, ini bukan pertanda bahwa sikecil membaik.  Sebaliknya, suhu dingin dari kompresan tersebut akan mengirim sinyal yang salah kepada tubuh anak. Tubuh mungilnya akan menganggap bahwa cuaca sedang dingin dan akhirnya merasa perlu memproduksi panas lagi.  Jadi, lebih baik kompres dengan air hangat agar tubuhnya berhenti memproduksi panas.
Dalam menghadapi mitos-mitos yang telah berkembang dimasyarakat, kita harus mengadakan adanya suatu promosi kesehatan, salah satunya berupa penyuluhan.Yang kita beri penyuluhan ini adalah mitos-mitos yang merugikan sedangkan yang mitos yang baik kita beri bimbingan lagi agar ketidakadanya kesimpang siuran dalam mengartikannya.
Pada masa sesudah persalinan.

Macam-macam aspek sosial budaya pada masa nifas baik di masyarakat desa maupun di masyarakat kota antara lain :
Macam-macam aspek sosial budaya pada masa nifas pada masyarakat kota
• Pada masa nifas dilarang makan telur, daging, udang, ikan laut dan lele, keong, daun lembayung, buah pare, nenas, gula merah, dan makanan yang berminyak.
Adapun dampak negative akan dilarangnya mengkonsumsi telur, daging, udang, ikan laut, keong, daun lembayung, buah pare, nanas, gula merah dan makanan yang berminyak adalah dapat merugikan karena pada masa nifas, ibu membutuhkan makanan yang bergizi serta seimbang agar ibu dan bayi menjadi lebih sehat.
• Setelah melahirkan atau setelah operasi, ibu hanya diperbolehkan memakan tahu dan tempe tanpa garam atau biasa disebut dengan ngayep, dilarang banyak makan dan minum, dan makanan harus disangan / dibakar sebelum dikonsumsi. Namun faktanya pada ibu apabila setelah melahirkan atau di operasi hanya dapat mengkonsumsi tahu dan tempe tanpa garam dan makanan harus dibakar sebelum di konsumsi adalah dapat merugikan karena dapat menghambat penyembuhan luka karena pada dasarnya makanan yang sehat akan mempercepat penyembuhan luka .
• Pada masa nifas, ibu dilarang tidur siang. Namun faktanya dari dilarangnya seorang ibu tidur siang, itu bisa menyebabkan ibu menjadi kurang istirahat sedangkan pada masa nifas atau setelah melahirkan ini, seorang ibu harus cukup istirahat dan mengurangi kerja berat karena tenaga yang tersedia sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu dan bayi .
Sumber : anak akbid di kotaku ^_^

6 comments:

  1. Makasih mas, penjelasannya lengkap banget..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebetulan ada anak akbid yang ngeprint, langsung di post hasilnya :D

      Hapus
  2. jual produk tempat tidur minimalis dengan varian desain terbaru, untuk info selengkapnya silahkan kunjungi website kami.

    terimakasih

    BalasHapus
  3. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

  4. Terima kasih info nya, sangat bermanfaat :)
    Kenapa Handuk Bayi dan Anak Harus Dari Microfiber ?


    Kalian tahu dipasaran banyak handuk abal-abal yang beredar tanpa mementingkan kesehatan buah hati anda ? banyak contoh para bayi dan anak infeksi kulit atau iritasi kulit lain nya akibat menggunakan handuk abal-abal.

    Mulailah segera menggunakan Handuk Mandi Microfiber produk Mipacko yang sudah jelas produk tersertifikasi SNI yang di jamin aman untuk bersentuhan langsung dengan kulit Bayi dan Anak

    Handuk Mandi Microfiber mempunyai daya serap yang baik, mengeringkan tubuh cukup dengan sekali usap, selain itu dia anti bakteri dan lembut sehingga aman Handuk Microfiber bersentuhan langsung dengan kulit bayi dan anak, banyak variasi model, ukuran, warna untuk berbagai kebutuhan

    Buruan pesan sekarang juga dan banyak DISKON sebelum kehabisan !!!

    Jangan pernah coba-coba untuk buah hati kesayangan Anda, karena yang terbaik hanya di Mipacko Microfiber !

    BalasHapus

Kami menawarkan software atau game yang telah di posting pada situs ini untuk anda miliki dengan cara klik link Order DVD diatas atau SMS ke 085 730 281 770 dengan format :

ORDER DVD (spasi) Nama Aplikasi/Paket (spasi) Nama dan alamat lengkap anda lalu kirim sms ke 085 730 281 770