Macam macam kurma

1. Kurma Ajwa
Kurma ini biasa disebut sebagai Kurma Nabi dikarenakan ini adalah kurma favorit Nabi Muhammad SAW. Kurma ini hanya tumbuh di Kota Madinah (Arab Saudi), berwarna hitam, memiliki tekstur yang lembut, tidak manis dan cita rasanya mirip kismis.

2. Kurma Barhi

Kurma ini bentuknya hampir silinder, berwarna kuning sawo terang, dan ketika matang akan berwarna coklat ketuaan. Kurma Barhi memiliki tekstur yang lembut dengan daging yang tebal dan rasanya sedikit seperti caramel.

3. Kurma Kholas

Kurma ini berwarna cokelat terang. Bentuk kurma ini mirip dengan kurma barhi. Kurma Kholas ini terkenal di Arab Saudi karena memiliki tekstur yang empuk dan rasanya tidak terlalu manis. Kurma ini terkenal dari daerah 'Huffuf' (Al-Ahsa) dan 'Qatif' di Timur Provinsi Arab Saudi (Al-Sharqheyah).

4. Kurma Khidri

Kurma Khidri ini berwarna maroon gelap dan lebih kering. Memiliki rasa yang tidak terlalu manis dan kenyal. Kurma ini biasa digunakan sebagai bahan dasar olahan kurma, mulai dari kurma isi jeruk, almond, hingga isi cokelat.

5. Kurma Maktoom

Kurma ini berbentuk besar, berwarna merah kecoklatan, memiliki kulit yang tebal dengan tekstur lembut dan manis sedang.

6. Kurma Majol

Kurma ini berasal dari Maroko, tetapi juga tumbuh di Amerika Serikat, Arab Saudi, Jordan, Palestina dan Israel. Kurma jenis ini mengandung banyak air, berbentuk besar dan manis.

7. Kurma Mozafati

Kurma Mozafati tumbuh di provinsi Kerman dan Iran. Kurma ini berwarna gelap, lembut, berukuran sedang dan rasanya manis. Kurma ini lebih baik dikonsumsi ketika masih segar karena tidak tahan lama. Pada suhu -5 derajat celcius dapat disimpan sampai 2 tahun lamanya.

8. Kurma Sekki

Kurma Sekki memiliki dua warna, pada bagian atas kekuning-kuningan dan pada bagian bawah kecoklatan. Pada bagian yang kuning bertekstur lebih keras, sedangkan bagian yang coklat lebih empuk dan kenyal. Kurma ini memiliki rasa manis sedang.

9. Kurma Thoory

Kurma ini populer di Aljazair, kurma kering yang berwarna coklat kemerahan ini ketika diawetkan warnanya akan berubah kebiruan dan kulitnya keriput. Daging kurma jenis ini terkadang keras dan rapuh dan rasanya manis.

10. Kurma Sokari

Kurma Sokari memiliki tekstur kenyal dan lembut serta berwarna coklat. Kurma ini dari Arab Saudi dan termasuk jenis kurma yang paling mahal.

2 comments:

Kami menawarkan software atau game yang telah di posting pada situs ini untuk anda miliki dengan cara klik link Order DVD diatas atau SMS ke 085 730 281 770 dengan format :

ORDER DVD (spasi) Nama Aplikasi/Paket (spasi) Nama dan alamat lengkap anda lalu kirim sms ke 085 730 281 770