Cara Mengatasi Bibir Kering Pecah-Pecah

Hampir semua orang pernah mengalami bibir pecah-pecah saat lingkungan tak bersahabat. Bibir kering sering disertai dengan kulit mengelupas, kemerahan dan sakit jika sudah parah bisa meradang dan berdarah.
Bibir merupakan selaput lendir tipis sehingga lebih mudah untuk kehilangan kelembaban. Dibandingkan dengan bagian lain pada wajah, bibir lebih mudah kering dan pecah. Tips dibawah ini dapat mengurangi masalah bibir kering:
Minum banyak air putih.
Sebelum mengobati dari luar, mencegah bibir pecah-pecah seharusnya dilakukan dari dalam terlebih dahulu. Selain menjaga kelembaban bibir, minum air juga mengembalikan cairan tubuh yang terbuang karena udara terlalu panas, kering atau terlalu dingin.
Makan makanan yang melembabkan kulit
Makanan yang bisa menjaga kelembaban kulit adalah makanan yang banyak mengandung vitamin E. Selain vitamin E nutrisi yang baik untuk kulit misalnya vitamin C, vitamin A, antioksidan dan asam lemak esensial. Untuk lebih mudahnya konsumsi saja lebih banyak sayuran dan buah-buahan sehingga kelembabannya terjaga.
Gunakan pelembab bibir
Setelah usaha untuk melembabkan bibir dari dalam dilakukan, melembabkan bibir dari luar juga perlu terutama disaat cuaca ekstrim atau jika memang memiliki jenis kulit kering. Lip balm, lip gloss atau lipstick dengan kandungan pelembab dan air tinggi melindungi bibir dari kondisi lingkungan yang tidak bersahabat.
Hindari bernafas melalui mulut.
Aliran udara dan panas yang keluar melalui mulut mengeringkan mulit dan bibir dengan cepat. Legakan hidung supaya bisa bernafas dengan bebas memalui hidung termasuk pada saat tidur.
Jangan menjilat bibir dengan tujuan membasahinya
Saat bibir kering memang cara paling mudah untuk melembabkannya dengan cara membasahi bibir dengan lidah. Cara ini memang bisa mengembalikan kelembaban dalam waktu singkat tetapi perlu diingat bahwa air liur juga mengandung asam yang berfungsi untuk melunakan makanan. Kulit bibir yang kering ditambah dengan terkena asam terlalu sering justru bisa menyebabkan kerusakan pada kulit bibir. Selain itu, menjilat bibir dengan lidah terlalu sering juga beresiko anda dianggap muka mesum.
Madu, mentimun dan lidah buaya
Bahan bahan alami tersebut bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati bibir kering pecah-pecah. Mengoleskan salah satunya secara teratur menghidarkan bibir dari kekeringan.
Umumnya ini bukan suatu masalah yang serius, dengan menerapkan beberapa tindakan saja sudah bisa mengatasi bibir pecah-pecah. Namun bila semua cara sudah dicoba tetapi bibir tetap kering dan pecah-pecah terus menerus atau bahkan sudah meradang serta berdarah, sudah saatnya untuk menghubungi dokter untuk menemukan penyebabnya dan mendapatkan terapi.

2 comments:

  1. nice article

    http://www.penyembuhan-sariawan.blogspot.com

    http://www.luka-sariawan.blogspot.com

    http://www.infeksi-sariawan.blogspot.com

    http://www.sariawan-obat.blogspot.com

    http://www.sakit-sariawan.blogspot.com

    http://www.sprue-killer.blogspot.com

    Menjual Cover jok motor Elegan (hub/sms hp: 022-95153553)
    dengan berbagai pilihan warna....(50 rb, sdh termasuk ongkir)

    Menjual Cover jok motor Elegan (hub/sms hp: 022-95153553)
    dengan berbagai pilihan warna....(50 rb, sdh termasuk ongkir)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah makasih mas, kunjungannya iklannya banyak banget :D

      Hapus

Kami menawarkan software atau game yang telah di posting pada situs ini untuk anda miliki dengan cara klik link Order DVD diatas atau SMS ke 085 730 281 770 dengan format :

ORDER DVD (spasi) Nama Aplikasi/Paket (spasi) Nama dan alamat lengkap anda lalu kirim sms ke 085 730 281 770